OTG Positif Covid-19 Sesuai Hasil Swab Bertambah 3 Orang di Karo

positif Corona di Kabupaten Karo

topmetro.news – Kadis kesehatan drg Irna Safrina Meliala MKes mengatakan, pada Sabtu sore (6/6/2020) ada tiga orang dinyatakan pertambahan positif Corona di Kabupaten Karo. Info itu muncul berdasarkan hasil swab.

“Ketiganya masing-masing, seorang tenaga operator kesehatan salah satu klinik di Kabanjahe dan dua orang aparat kepolisian. Sehingga penambahan positif Corona, Sabtu sore bertambah tiga orang,” ujar Irna Safrina Meliala kepada wartawan, Sabtu (6/6/2020) di Kabanjahe.

Menurut informasi dari Gugus Tugas Covid-19 Karo, diduga tenaga operator kesehatan itu terpapar Corona pada saat merawat pasien berinisial SUT. Pasien itu berasal dari Deliserdang dan berobat ke tempat kliniknya bekerja di Kabanjahe.

Sementara dua personil aparat kepolisian diduga terpapar Corona pada saat melakukan pengamanan pasien berinisial SUT yang akan dikebumikan di TPU Desa Salit, Kecamatan Tigapanah yang akhirnya ditolak warga setempat untuk dikebumikan. Kemudian jenazah SUT dikebumikan di TPU Simalingkar.

Dengan melihat fakta-fakta tersebut, Kadis Kesehatan mengimbau kepada warga setiap melakukan kegiatan tetap berpedoman sesuai protokol kesehatan agar terhindar penyebaran Corona. Yakni tetap pakai masker, jaga jarak, dan jaga kesehatan serta tetap cuci tangan.

Siklus Penyebaran Covid-19

Menurut Irna, epidemiologi yang terjadi sekarang ini menyisakan RO (Reproductive Number) Virus Corona telah terjadi perubahan primer kepada perubahan sekunder. Hal itu terjadi sejak kematian PDP inisial SUT yang sepekan lalu ditolak dimakamkan di Desa Salit.

BACA | Bupati Karo dan Forkopimda Sepakati ‘New Normal’ Belum Diterapkan

Artinya, siklus penyebaran Covid-19 terjadi begitu cepat. Dimana pasca-ada PDP yang meninggal, sudah menyebar. Hal ini dibuktikan telah tertular OTG (orang tanpa gejala) terhadap anak dari SUT berinisial SS. Dimana sesuai hasil swab, dinyatakan positif Corona.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment